Translate

Minggu, 02 Juni 2013

Bakteri di Kanada Diklaim Bisa Hidup di Mars

Bakteri di Kanada Diklaim Bisa Hidup di Mars

Mikroba itu mampu hidup di suhu -15+ derajat Celcius

Pesona Kutub Utara dalam karya Terje Sorgjerd (ilustrasi)
Pesona Kutub Utara dalam karya Terje Sorgjerd (ilustrasi) (vimeo.com/terjes)

        Tim peneliti dari McGill University, Kanada, mengklaim telah menemukan bakteri yang mampu hidup di suhu -15+ Celsius. Bakteri itu, begitu ditulis Mars Daily 31 Mei 2013, ditemukan pada lapisan es di Pulau Ellesmere yang berada di dataran tinggi artik Kanada, yang memiliki suhu serupa dengan Planet Mars.Itu merupakan suhu terdingin yang pernah ditemukan untuk pertumbuhan bakteri, setidaknya di Bumi. 
 
        Bakteri ini bisa menjadi petunjuk awal untuk meneliti kemungkinan apakah mikroba dapat hidup di Mars.Penelitian yang dipimpin oleh Lyle Whyte dan Nadia Mykytczuk dari Departemen Sumber Daya Alam McGill University itu, juga menemukan bahwa bakteri Planococcus halocryophilus OR1 bisa hidup di Kutub Utara."Kami percaya bahwa bakteri itu bisa hidup di kondisi air yang tipis dan sangat asin, yang biasa ditemukan di permafrost beku Pulau Ellesmere," kata Whyte,
 
 

       Dalam ilmu geologi, permafrost adalah lapisan es atau tanah cryotic berada di titik beku air 0 derajat Celsius atau 32 derajat Fahrenheit. "Dengan suhu seekstrim itu sangat mustahil untuk bisa bertahan hidup. Tapi, bakteri itu mampu melakukannya dan dapat bernafas di suhu -25+ derajat Celsius," kata ujar Whyte.

       Menurut Mykytczuk, para peneliti melihat bakteri ini dapat menyesuaikan diri dengan kondisi suhu yang sangat dingin dan air yang sangat asin. Struktur selnya dapat beradaptasi dengan cara meningkatkan jumlah protein di dalam tubuh.

       "Kami sangat yakin mikroba tersebut berpotensi hidup di lingkungan yang sangat dingin, seperti di Kutub Utara," kata Mykytczuk.

       Untuk mengetahui lebih jauh kemampuan Planococcus halocryophilus OR1, tim peneliti sedang mempelajari urutan genom dan sifat-sifat molekul lain di bakteri itu.

       "Aku bangga menemukan bakteri di dataran tinggi artik Kanada. Temuan baru ini menunjukkan bahwa mungkin saja ada beberapa mikroba serupa hidup di sistem Tata Surya kita," kata Whyte. 
 
sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/417240-bakteri-di-kanada-diklaim-bisa-hidup-di-mars

0 komentar:

Posting Komentar